Tingkatkan Pendapatan Peternak, Distan Maluku Salurkan 342 Ekor Sapi

By Admin

nusakini.com-- Sebanyak 342 ekor Sapi sudah disalurkan kepada 18 kelompok peternak di Provinsi Maluku yang tersebar di Kabupaten Buru, Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT) dan Maluku Tengah. 

Sapi-sapi tersebut di muat dengan kapal laut dari pelabuhan Pare-Pare dengan tujuan pelabuhan Buru dan pelabuhan Amahei Maluku Tengah, selanjutnya disalurkan kepada petani/peternak yang berhak untuk menerimanya. 

Jumlah sapi yang disalurkan itu berbeda-beda sesuai dengan jumlah kelompok yang di bentuk,"kata Kepala Dinas Pertania Provinsi Maluku Ir. Diana Padang, MSi di Ambon, Kamis (29/12). 

Menurutnya, Kabupaten Buru mendapat bantuan Sapi terbanyak yaitu 152 ekor dengan jumlah kelompok delapan yaitu satu kelompok mendapat 19 ekor Sapi, Kabupaten SBB 76 ekor jumlah kelompok empat, Kabupaten SBT 38 ekor jumlah kelompok dua dan Kabupaten Maluku Tengah 76 ekor dengan jumlah kelompok empat. 

342 ekor Sapi tersebut didatangkan dari Pare-Pare Provinsi Selawesi Selatan, karena sesuai quata Provinsi Maluku dan Maluku Utara harus mengambil bibit Sapi dari Pare-Pare. 

"Bantuan Sapi tersebut terlambat karena anggarannya terakomodir pada APBN-P dengan jumlah anggaran Rp. 3,7 Milyar, dan harga Sapi per ekor Rp. 8 juta "ucapnya. 

Dikatakan, sapi bantuan yang diberikan kepada 18 kelompok petani/peternak itu umurnya dua tahun dan siap untuk reproduksi, kini sudah diteriam dengan baik di tangan kelompok masing-masing. 

Diharapkan, kelompok peternak yang menerima bantuan Sapi tersebut bisa mengelolanya dengan baik sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan masing-masing kelompok. (p/ab)